Dunia ini hanya Permainan…so..?

 

 

 

 

“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akherat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui” ( Ar-Rum:64 )

 

Bismillahirrahmanirrahiim……sekilas baca Surat Ar-Rum ini, mbuat teringat akan kehidupan akherat (nah lo ketauan banget, kalo baca qur’an jarang baca artinya🙂).Kehidupan yang benar-benar nyata, bukan senda gurau dan bukanlah permainan.

Alloh SWT mengingatkan kita bahwa dunia ini ibarat permainan yang penuh senda gurau….hanya sementara, dan tak berarti apa-apa…

 

Jadi inget, waktu kecil sering maen petak umpet, kadang diri kita yang memerankan umpetannya atau jika kita kalah, kita yang harus tutup mata….atau saat permainan sunda manda ( tau ga??? 🙂 ) ada yang kalah dan ada yang menang, pastinyalah….nah sekarang gimana kita memaknai permainan yang diumpamakan oleh Alloh sebagai kehidupan di dunia ini:

  1. Sebuah permainan selalu melibatkan minimal 2 pihak atau lebih: subjek permainan itu sendiri, pemainnya, atau lawan dari pemain itu sendiri. Disini kita diajarkan, bagaimana bersosialisasi diri, bagaimana menghadapi permainan, aturan2 permainan, dan lawan yang kita hadapi. Belajarlah untuk bisa selalu tersenyum menghadapi lingkungan sekitar kita, dengan siapa kita berinteraksi….dengan sesama, dengan pekerjaan kita, dengan sekolah kita..buat kita mencintai mereka, apapun bentuknya..
  2. Sebuah permainan, mengajarkan kita untuk selalu berusaha menjadi pemenang…ya menang dalam permainan dengan cara yang benar..Begitu juga dengan kehidupan ini, Jadilah manusia pemenang dalam permainan dunia ini…lalu siapa musuh kita..??NAFSU…Syaitan, itulah musuh dalam permainan dunia ini…Jangan syaitan menarik diri kita untuk menjadikan temannya di neraka..ini berarti secara gak langsung, kita sebagai pihak yang KALAH….
  3. Sebuah permainan mengajarkan pada kita untuk ikhlas pada aturan yang telah berlaku…karena itu dibuat berdasar yang ngebuat permainan asalnya…gitu juga dengan kehidupan, bersikap ikhlaslah, setiap apa yang telah ditakdirkan oleh Alloh
  4. Sebuah permainan pasti akan ada akhirnya..iya karena itu hanya sebuah permainan, masa’ mo maen terus….. J Begitu juga dengan kehidupan dunia ini, akhir kehidupan adalah sebuah kepastian. Alloh sudah menuliskannya di Alquran dengan penulisan yang berkali-kali di berbagai surat tentang hari kiamat. Hari kiamat itu pasti datangnya. Siapkah kita untuk mengakhiri permainan di dunia ini, dan menerima kenyataan apakah kita menjadi pemenang atau si kalah yang siap menerima ganjaran dari “Sang Pemilik Permainan” ???

 

Dunia-dunia…..hanya sebuah permainan yang penuh senda gurau, 5 point yang dapat ditarik dari ini adalah:

  1. Everything is comes from Alloh
  2. Everything is property of Alloh
  3. Everything is controlled by Alloh
  4. Everyhing is dedicated to Alloh
  5. Everything will be back to Alloh

—-zizah——-

7 responses to this post.

  1. Posted by Anonim on Mei 20, 2009 at 3:20 pm

    Asslkm, keterangan terjemahan surat diatas itu tidak tepat seharusnya QS Al’Ankabut(29): 64 bukan ArRum 64, dan juga surat ArRum hanya sampai 60 ayat

    Balas

  2. iya yg benar terjemahan di atas adalah terjemahan dr QS.AL Ankabuut : 64, gimana kl diganti aja ya, biar orang tidak salah….kasian ntr kl ada yg copy paste ternyata salah….

    Balas

  3. bukannya QS. Muhammad:36

    Balas

  4. ternyata ada banyak:
    Ankabut 64
    Al hadid: 20

    Balas

  5. Posted by oom iwan on Maret 21, 2011 at 2:37 pm

    وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ [٢٩:٦٤]
    Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.

    SURAT AL ANKABUT BUKAN SURAT AR RUM

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: