Presentasi Aneh

Hari yang sungguh melelahkan…di kampus dari jam 09.00 sampai 17.30…..dengan 2 presentasi yang bener2 baru buat saya..dunia yang baru dan saya harus benar2 mengejar ketinggalan ilmu “baru “itu dalam waktu secepat ini…..

  1. Presentasi pertama tentang Mata Kulih Pengelolaan B3, dengan mengambil judul ”Pengelolaan Tumpahan Minyak ( Oil Spill) di Alaska Amerika Serikat..”

Karena ini kelompok dan semuanya akhwat, makanya dibagi-bagi, dan zizah kebagian tentang Dampak serta Pengelolaan secara Fisika Tumpahan Minyak tersebut…..

Benar-benar harus bekerja ekstra untuk mempelajari materi ini, gmana nggk, S1 saya lebih banyak berkutat tentang lahan, tanah, dan peta….tiba2 S2 saya harus mempelajari aspek yang sangat baru….kayak orang yang biasa masak terus suruh nyupir truk..:) Bismillah!!Alloh gak pernah diam kok J

Materi yang harus dikuasai dulu adalah, karakteristik minyak mentah ada di air, berhubungan dengan sifat kelarutan minyak yang rendah, sehingga mudah terjadi perluasan….huhuhuh…( akhirnya mulai nyambung )…dengan mengetahui kasus tumpahan minyak d luar negeri, bagaimana persebarannya dan bagaimana proses pengolahannya…..apa yang arus dilakukan pertama kali ..saat minyak jatuh agar tidak meluas…nah itu bagian saya yang menjelaskan di depan……

Pencegahan perluasan yang pertama menggunakan BOOM semacam batas pagar yang terbuat dari bahan karet pelampung dan dijatuhkan dari atas menggunakan helikopter……and The Second Step adalah penggunaan air bertekanan tinggi untuk menyapu minyak yang berada di bibir pantai agar masuk ke dalam BOOM tersebut…and The ThiRd Step adalah menyedot minyak yang ada di tanah menggunakan skimmer semacam pompa sederhana tetapi ini hanya mampu menyedot sekitar 72000 barel/72 jam…nggak praktis banget…..Namanya juga pencegahan gawat darurat, emang Cuma segitu untuk menghindar yang terlalu luas aja….Bayangin aja pengelolaan ini terjadi selama 4 tahun, dari 1989-1992..betah ya..:) setelah pengelolaan secara fisika and next pake pengelolaan kimia..nah kalo ini bagian temen saya …tentang flokulasi gitu deh….dan pengelolaan biologi menggunakan bioremediasi( N dan P sebagai substratnya)….alhamdulillah2…The Finally..kita bisa membuktikan bahwa Akhwat-Akhwat juga bisa loh ngomong tentang OIL SPILL, yang selama ini gak pernah saya bayangkan…akhirnya terjadi juga

2. Presentasi Kedua , jam 15.10…mata kuliah Toksikologi Lingkungan….

dengan bahasan saya adalah Toksisitas Fluoride…materi yang sungguh sangat baru, sampai saya harus tanya anak Kedokteran juga ( makasih ya adikku ..huhuhu, walaupun smbil bingung jawabnya) …and then apa terus bedanya dengan anak Kedokteran..tenang2..anak TL gak pindah jalur kok, Saya harus mempelajari, Apa itu Unsur Fluoride? bagaimana Keterdapatannya di alam? Bagaimana Sifat nya apabila dia terekspos di alam??

Akhirnya Saya dapat jawabannya, setelah 3 minggu saya harus berkutat dengan internet + Laptop ini, cuman browse google dan search FLUORIDE or Toxic Fluoride OR FlUoriDED Water…yah pokoknya yang berhubungan dengan itu…..

Kesimpulannya: hati-hati dengan yang namanya Pasta Gigi Dengan FluOrIdE…hehe, dan selama ini kita telah diracuni iklan2 yang menyesatkan….

Fluoride bersifat Biokumulatif, dan dapat merusak berbagai organ di tubuh, termasuk juga mutasi gen ….ceritanya panjang euy….nanti kalo ada yang pengen tahu…bisa ngabarin saya ( huuhu…emang siapa ????bolehlah…:) ) Tetap semangat, Hari Esok akan menunggu dan tak pernah ada siaran UlanG terhadap apa yang sudah kamu kejakan untuk saat Ini……Semangat!!!

5 responses to this post.

  1. Waduh harus kudu hati-hati neh milih pasta gigi, trus menurut kamu yang aman pasta gigi yg mana ???

    Balas

  2. Posted by zizah on Mei 22, 2008 at 4:39 am

    yang aman…ya pake siwak aja…ato pasta giginya “mustika Ratu”..( bukan promosi )loh..

    Balas

  3. padahal anjuran IDI pilih pasta gigi yang mengandung flouride… hmm, kalo nenek saya pake daun sirih sama batu kapur.. hehehe..

    Balas

  4. Posted by maya on Mei 31, 2008 at 7:51 am

    Waduh jadi pengin nanya nih? bagaimana mbak dulu mengatasi tes tertulis untuk masuk S2 TL? gimana belajar materinya?

    Balas

  5. Posted by willy on Maret 5, 2009 at 3:03 am

    boleh minta g dengan lengkap, data tentang fluoride?
    kirim ke email saya yak..

    thx

    Balas

Tinggalkan Balasan

