SukSes tanpa Gelar..whY Not??

Sebuah Judul yang begitu banyak tanda tanya???? Mana Mungkin??? ( biasanya setelah itu timbul pertanyaan-pertanyaan lain yang siap ditujukan untuk judul ini🙂 Isbir-Isbir )

Kontroversi memang..ketika pemerintah sedang menggalakkan pendidikan 12 tahun.,atau program BOS., Orang Tua Asuh dan beberapa beasiswa untuk keberhasilan anak bangsa..kemudian timbullah suatu anggapan atau bahkan teori yang sudah kekal😀 “Tidak Akan Jadi Kaya, Kalo Tidak sekolah Tinggi, atau Tidak Ada Gelar”

Tak ada salahnya dengan anggapan di atas…tapi apa iya ya?? or any the Other ways??.. Judul di atas terinspirasi oleh Bulletin Tahajud Call Bandung dan memotivasi saya untk menuliskan dan membahasnya kembali… Motivasi Sukses tanpa gelar, jarang sekali ditemukan di kalangan para akademisi..pendewaan “Gelar Akademik” sangat betul-betul diagungkan, malah ada kata2 “Syirik Gelar” hati-hatilah..😛 Dengan Gelar Akademik yang mentereng atau cukup panjang, berarti penjualan di pasaranpun akan semakin laku.. Semakin panjang, semakin banyak yang berminat dan semakin banyak duitnya..hehhe , tidak akan salah, tapi di sini saya akan mencoba, merubah sedikit paradigma ini, entah bisa terubah atau tidak khususnya bagi saya sendiri😀

Tidak mengherankan jika ada data statistik menyebutkan angka pengangguran intelektual yang begitu besar di negeri ini, dari 40 juta pengangguran ternyata sepertiganya adalah yang bergelar diploma dan sarjana.Kita ilustrasikan saja , kalau sebuah universitas rata-rata tiap tahun meluluskan sarjana 1000 orang, bisa dibayangkan berapa sarjana di negara kita yang menganggur..padahal ada 2000 kampus,Berarti tiap tahun negara ini MENCIPTAKAN 2 JUTA SArJana. Makanya jangan heran..tiba2 timbul Joke untuk istilah “WISUDA” yaitu “Wilujeng Susah damel” atau ” Selamat Susah Cari Kerja”…Luar Biasa!!!

Nah..refreslah pikiran-pikiran ini ..mari berpikir ulang, qt lihat siapa sih orang-orang yang sukses Tanpa Gelar????

1. Andrie Wongso yang dikenal dengan sebutan “Motivator No.1 Indonesia” ternyata beliau tidak tamat SD. Tapi Media Menggelarinya ” SDTT TBS SSI” yang berarti Sekolah Dasar Tidak Tamat, Tapi Bisa Sukses,Sampai Sekarang”🙂 , beliau pernah jadi kuli toko..tetapi akhirnya beliau berhasil menyunting seorang wanita sarjana Hukum…apa ndak hebat yo???😀

2 BoB Sadino, Sudono salim ( Pendiri BCA dan Indofood), Alim Markus ( Pendiri Maspion), Irwan Hidayat ( Pendiri Jamu Sidomuncul) dan masih banyak lagi yang lain dan ternyata mereka hanya tamatan SMP saja. Seorang Alim Markus yang tidak tamat SMP saja bisa membangun 40 pabrik dengan tenaga kerja 300.000 orang.. Subhanalloh….

3. Thomas Alva Edison..penemu terkenal dan ternyata beliau hanya bersekolah formal selama 3 bulan saja, namun ternyata lebih dari 3000 penemuan dicatat atas namanya

4. Anthony Robins ( Motivator No.1 di AS) juga tidak tamat SMU…dan masih banyak lagi

then…apa hikmahnya?? Gelar memang penting, namun yang lebih penting adalah ilmu dan kerja keras..Gelar adalah BonUs..Marilah kita berbangga apabila “SukSES TANPA GELAR” bukan degan ” BERGELAR TANPA SUKSES”

MAri berjuang…Keep fight and Keep Move… ALlohu AKbar!!!

4 responses to this post.

  1. Posted by Wuryanano on Juli 20, 2008 at 9:56 am

    Sangat Setuju, Mbak Zizah!😀

    Yang penting memang bukan dapat Gelar nya, tapi kemauan untuk belajar secara tekun, ulet, disiplin dan mau membuka pikiran terhadap informasi berharga.
    Dan belajar juga tidak harus di bangku sekolah resmi.

    Nah, jika sudah punya kemauan kuat untuk selalu belajar begini, dijamin bakal sukses deh.🙂

    Salam dari Surabaya,
    Wuryanano

    Balas

  2. Saya juga hanya tamatan SMA. Dulu saya sempat melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi sambil berkuliah saya juga berdagang. Setelah saya pikir-pikir penghasilan saya dari berdagang sudah lumayan. Akhirnya saya putuskan untuk berhenti kuliah dan melanjutkan usaha saya berdagang. Puji Tuhan,sekarang saya tidak mengharap lagi kepada ortu untuk mencukupi kebutuhan saya. Saya pun bisa memiliki mobil pribadi walaupun dengan cara menyicil. Bagi kawan-kawan yang lain yang juga tidak memiliki gelar, saya hanya berpesan jangan berkecil hati. Malah kita harus buktikan bahwa tanpa gelarpun kita bisa! Gelar bukan jaminan untuk sukses, gelar hanya sebagai pelengkap saja. Orang sukses itu 1% rejeki, 99% kerja keras.

    Salam SUKSES LUAR BIASA dari saya di Kendari!!!

    Balas

  3. SETUJU SEKALLLIIII….. GRESsss
    YAAA yang penting adalah kemauan dan prioritas , dan tentunya kita harus yakin pada sesuatu … itulah modal dasarnya….
    hebat.

    Balas

  4. Saya lulusan D3, sering kali saya kecewa terhadap dunia kerja karena semampu apapun saya tetap saja kalah dengan orang lain yang S1 ato S2, dari segi penghasilan pun relatif di bawah mereka, lalu saya bertemu dengan seorang penjual lontong bumbu, yang penghasilannya melebihi manajer2 di tempat saya bekerja, lantas saya berpikir dunia itu masih luaaaaaaaaaasssssssssssssss….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: