Kecerdasan Gadis Kecil itu…

( ILmi Jasmine AzzahRa )

Cerita tentang kecerdasan seorang anak..bernama Ilmi Jasmine Az-zahra, Gadis kecil kelas 1 SD Al-Azhar Jogja. Wajahnya yang mirip dengan anak Korea, membuatnya sangat dikenal di lingkungannya, mata yang sipit dan kulitnya yang bewarna putih kekuningan, dengan rambut tipis berwarna agak kecoklatan……

Perbendaharaan kosakata yang sangat banyak, entah darimana asalnya, toh kalo dirunut pola asuhnya, ibunya sangat pendiam dan keberadaan bapaknya hanya 2 minggu sekali dalam sebulan pulang ke Jogja…sampai ibunya pernah mengomentari putri kecilnya ini.”Mi, kok Ilmi banyak ngomong sih?, mama kayaknya gak pernah ngajarin, ilmi kok ga kayak mama ya, banyak aja tingkahnya, gak bisa diem”

Dengan santainya gadis cerdas itu menjawab” Ilmi kan bukan hanya anak mama, ada papa juga…coba Tanya papa, apa papa juga banyak omong apa gak, apa papa banyak tingkahnya apa gak?” jawab Ilmi dengan cerdas..Subhanalloh, mamanya yang mendengar sampai berdecak kagum……🙂

Postingan ini saya buat, untuk mengenang kebersamaan kita di Jogja dulu…seminggu sekali setidaknya, saya menengok sepupu kecil ini….Begitu cerdasnya, begitu atraktifnya…sampai-sampai, ketika dia akan masuk TK, di saat ibu dan anaknya mendengarkan pengarahan dari KEpala Sekolah TK, Ilmi malah kabur main bola sama temen2 TK pria nya, sampai sang Ibupun kewalahan mencari kemana anak ini pergi…..😀

Beberapa celotehan Gadis kecil ini yang kadang mbuat kangen, :

  1. “Mah, Mbak Zizah dateng mah….ayo Mah Keluar“ bener2 tergopoh2 untuk menyambut kedatangan saya…(halah)🙂
  2. “Assalamu’alaikum Mbk Zizah, kenapa baru dateng..Ilmi kangen banget“ bener2 gak percaya aja bisa ngomong ini sambil memeluk dan menciumnya, kadang berlebihan juga…..
  3. “Mbak Zizah, kangen nggak sama Ilmi?“pertanyaan ini biasanya keluar sambil menatap mata dan memegang tangan saya…hehehe
  4. “Mah, Ilmi pengen beli bakso sama Mbak Zizah, kemaren kan gak jadi beli bakso, sekarang Mbak Zizah dah dateng“ …Subhanalloh, terharu bgt..so sweet😀
  5. “Mah, Mbak Zizah bawa jajan untuk Ilmi…Makasih ya mbak Zizah“ ini sambil mencium saya lagi…( so sweet bgt)
  6. “Mbak..kok repot2 banget bawanya, nanti Ilmi ngasih apa?“ komentarnya yang selalu saja ada ketika saya membawakan jajan
  7. “Mbak Zizah, janji ya besok kesini..Ilmi gak ada temennya“..pasti aja kata2 ini selalu ada ketika saya pulang..
  8. “Mbak…aq aja yang di depan, biar Ilmi yang mboncengin Mbak Zizah“ ini komen saat saya mou pulang dan kunci motor saya diambil, sambil naik di montor dahulu…
  9. “Mbak Zizah, bawa baju ganti gak?, kan mo tidur di sini…“ khawatir sekali ketika saya gak pernah mo nginep di rumahnya
  10. “Mbak zizah, besok sabtu ada acara nggak, temenin Ilmi ya…jalan2 sama temen SD, ada acara Jalan Bersama Keluarga..soalnya mamah sama papah gak bisa…bisa ya mbak?“ Subhanalloh…bener2 terenyuh saya dengernya, gak ada temennya
  11. “Mah, rukuh Ilmi mana? Ilmi mo solat ma Mbak Zizah…mamah solat sendiri ya…“

Begitu banyak komment2 cerdas gadis kecil ini, yang paling tidak terlupa adalah kejadian Gempa Jogja 27 Mei …. begitu dramatisnya gadis kecil ini untuk selalu bersama dengan kepanikan2 yang cerdas….🙂

Kapan ya ketemu lagi mendengar koment2 ini untuk menambah perbendaharaan dalam momen saya? Gadis kecil ini kadang mengingatkan kita semua untuk memelihara karunia Alloh, amanat Alloh, berupa “buah hati“…kecerdasan, kesholehan dapat dibentuk dari kecil, kesalahan sedikit dari pola asuh, dapat menggeser makna keberadaan keluarga terhadap buah hati…Si Kecil dapat digores apapun, kapanpun, dengan siapapun…hati-hati memegang Si Kecil, dengan hati dan nuranilah solusinya…..

5 responses to this post.

  1. pemirsa……
    tahu ga….
    aku menulis ini disuruh sm yg punya blog ini..
    wagu bgt kan??😀
    udah no..

    Balas

  2. hani, jgn gitu donk sm mbaknya..
    hehe.. kalo upin ga disuruh neh..😆
    salam aja bu, kalo ketemu ilmi,
    bawain video upin ipin juga😆

    Balas

  3. sayalah yang namanya ilmi skrng saya sdh kelas 4 SD Al-azhar 31!

    Balas

  4. Posted by ternakonline on Desember 16, 2009 at 2:30 am

    iyyyaaaaaaaaaaa betul…..

    Balas

  5. skrng sy udah kls 5!!!!!!!mesti ini yg nulis mbk zizah ni……

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: